Senin, 08 Juni 2009

Galacticos II Sedang Dibentuk

Setelah Kaka, Real Madrid diyakini masih akan mengejar Cristiano Ronaldo, Franck Ribery serta David Villa dan David Silva. Bersama Florentino Perez, Galacticos II sedang terbentuk.

Dengan biaya transfer yang diperkirakan mencapai 68 juta euro atau sekitar Rp 937,9 miliar, Madrid akhirnya bisa membawa Kaka dari AC Milan. Mantan pemain terbaik dunia itu setidaknya akan berada di Madrid hingga 2015, sesuai kontrak yang sudah disepakati.

Kedatangan Kaka, sebagaimana diakui sendiri oleh Perez, cuma merupakan awal dari ambisi besar dia mendatangkan banyak bintang dunia lain ke Bernabeu. Perez sepertinya sangat serius dengan upaya membentuk Los Galacticos kedua, seperti yang sempat dia utarakan tak lama setelah kembali terpilih jadi presiden.

"Saya baru sehari mengambil alih kendali di sini, tapi yang bisa dipastikan adalah bahwa siapapun yang akan datang nanti, saya akan berusaha untuk membawa pemain besar dunia karena itu merupakan sebuah model yang dibutuhkan Madrid," janji Perez sehari setelah terpilih untuk kali kedua sebagai presiden.

Perez mungkin menjadi salah satu presiden Madrid yang paling diingat sepanjang sejarah saat punya ambisi besar menjadikan klub ibukota Spanyol itu sebagai tempat bermukimnya bintang-bintang sepakbola dunia. Itu dia lakukan saat pertama jadi bos di tahun 2000, setelah mengalahkan pejabat sebelumnya Lorenzo Sanz.

Pembelian sensasional pertama Perez saat itu adalah saat mendatangkan Luis Figo dari musuh abadi mereka, Barcelona. Setelah itu hampir setiap musim Madrid selalu mendatangkan pemain besar dengan berturut-turut menyusul adalah Zinedine Zidane (2001), Ronaldo (2002), David Beckham (2003), Michael Owen (2004) dan Robinho (2005).

Hebatnya, Madrid selalu membeli semua pemain tersebut dengan harga sangat mahal, bahkan untuk Luis Figo dan Zizou hingga memecahkan rekor transfer. Sang gelandang Portugal didatangkan dengan banderol 58,5 juta euro, sementara si maestro sepakbola Prancis dihargai 76 juta euro (rekor yang bertahan hingga kini).

Awalnya, era Galactico ini berjalan mulus. Memiliki kekuatan sangat merata di semua lini, di tahun pertama Madrid memenangi dua titel juara di Spanyol serta gelar kesembilan di Liga Champions.

Namun kondisi tersebut tak bertahan lama, karena Madrid perlahan justru menjalani masa-masa suram. Perpecahan mulai terjadi, hal mana disebabkan para pemain bintang Madrid tak bisa menahan ego kebintangannya. Madrid pun harus menjalani puasa gelar La Liga selama tiga tahun sejak musim 2003-2004, musim yang dianggap sebagai awal hancurnya Los Galacticos.

Entah mengapa Perez kini jutsru ingin mengulang sejarah yang sama saat memutuskan membangun Galaticos kedua di Bernabeu. Dan Kaka, seperti sudah sering dia ucapkan, cuma merupakan awal dari banyaknya pemain bintang lain yang bakal datang.

Setidaknya Madrid hingga kini masih mengejar Cristiano Ronaldo, yang musim lalu nyaris mereka dapatkan dari Manchester United. Yang juga berada dalam daftar buruan Perez adalah Franck Ribery, Xabi Alonso serta duo Valencia: David Villa dan David Silva.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar